Investasi SBR menjadi instrumen alternatif untuk menyimpan uang pada awal 2019. Namun, apakah skema pembagian bunga berupa kupon setiap bulan ini bakal menguntungkan investor ritel yang menggelontorkan uang cuma Rp1 juta?

Kemungkinan besar tidak. Pasalnya, investor bakal menerima keuntungan per bulan dengan nilai yang kecil sekali.

Misalnya, kamu investasi di SBR005 senilai Rp1 juta dengan kupon minimal 8,15% per tahun. Berarti, kamu akan mendapatkan keuntungan kotor senilai Rp6.791 per bulan.

Lalu, keuntungan kotor itu bakal dipotong pajak 15% menjadi Rp5.772 per bulan. Nilai keuntungan itu akan ditransfer ke rekening bank yang kamu gunakan untuk mendaftar investasi SBR.

Investasi SBR memiliki tenor selama 2 tahun
Investasi SBR memiliki tenor selama 2 tahun

Hasilnya, jika kamu menggunakan rekening harian untuk mendaftar di SBR, maka tidak akan ada keuntungan yang didapatkan saat surat utang negara ritel itu jatuh tempo. Soalnya, hasil keuntungan setiap bulan itu bisa jadi digunakan tanpa sadar karena nilainya yang sangat kecil.

Nah, bagaimana caranya biar investasi SBR bisa menguntungkan untuk investor ritel?

Investasi SBR dan Rekening Khusus

Salah satunya adalah dengan membuat rekening khusus untuk tabungan dan investasi.

Rekening khusus ini digunakan sebagai tempat penyimpanan dana investasi dan tabungan. Misalnya, investasi SBR, kamu bisa menggunakan rekening itu untuk membeli instrumen surat utang negara ritel sehingga setiap keuntungan tersimpan dengan baik di sana.

BACA JUGA : Adu Kuat Grab dan Go-jek di Asia Tenggara

Selain itu, rekening khusus ini juga bisa sebagai tempat kiriman hasil tabungan berjangka di bank. Lalu, rekening khusus ini juga bisa sebagai tempat pengiriman uang ke rekening dana nasabah (RDN) untuk transaksi reksa dana atau saham.

Masalahnya, penyimpanan dana di rekening bank kerap terkena biaya administrasi bulanan. Rata-rata biaya administrasi bank besar di Indonesia sekitar Rp11.000 sampai Rp20.000.

Nah, kalau kamu investasi di SBR mendapatkan keuntungan cuma Rp5.772 per bulan, berarti hasil keuntungan itu tidak bisa menutup biaya administrasi bulanan di bank.

Buka Rekening Bank Syariah yang Terafiliasi Mitra Distribusi

Untuk itu, kamu harus mencari bank yang memiliki produk tabungan bebas biaya administrasi. Ada beberapa bank yang menawarkan produk itu, terutama bank syariah.

Permasalahan selanjutnya, bank syariah tidak terdaftar sebagai mitra penjual SBR.

Lalu, biaya transfer antar bank bisa memakan biaya Rp6.500.  Berarti, hasil keuntungan dari investasi SBR juga termakan oleh biaya transfer antar bank.

Kamu bisa memilih bank syariah yang memiliki produk tabungan bebas biaya administrasi yang terafiliasi sebagai mitra penjual.

Pada produk SBR005, pemerintah menunjuk beberapa mitra distribusi seperti, BCA, BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, dan Bank Permata.

Semua bank itu memiliki anak usaha maupun unit usaha bank syariah seperti, BCA Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, unit usaha syariah BTN, dan unit usaha syariah Bank Permata.

Biasanya, transfer dari bank induk ke anak usaha maupun unit usaha bakal bebas biaya. Jadi, uang keuntungan investasi SBR bakal aman tidak digunakan sampai jatuh tempo.

Investasi SBR Lewat Mitra Distribusi Perusahaan Sekuritas

Selain membuat rekening khusus, kamu juga bisa menyimpan hasil keuntungan SBR lewat sekuritas. Satu-satunya sekuritas yang menjadi mitra distribusi SBR005 adalah Trimegah Securities.

Jadi, Trimegah memiliki fasilitas penyimpanan sampai dengan jatuh tempo maupun transfer pembayaran kupon dan pokok ke rekening bank tertentu tanpa ada biaya tambahan.

Namun, kamu harus terdaftar sebagai nasabah Trimegah Securities Indonesia sih.

Perusahaan sekuritas adalah anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi investor.

Total Keuntungan Investasi SBR Rp1 Juta Selama 2 Tahun

Berapa total jumlah keuntungan investasi SBR005 senilai Rp1 juta selama 2 tahun dengan asumsi tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia tetap?

Jumlah keuntungannya adalah senilai Rp138.528. Jumlahnya memang kecil karena nilai uang yang kamu investasikan juga kecil, tetapi dengan menyimpan di SBR, kamu sudah memiliki Rp1,13 juta pada dua tahun ke depan.

Kalau tertarik, kamu bisa langsung membeli SBR005 ke mitra distribusi. Selain, BCA, BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, dan Bank Permata, ada pula mitra distribusi dari perusahaan rintisan keuangan seperti, Investree, Modalku, Tanamduit, dan Bareksa.

Masa waktu penawarannya cuma dari 10 Januari 2019 sampai 24 Januari 2019 loh. Selengkapnya cek di sini